Jumat, 02 November 2012

JENIS-JENIS HAMSTER DI INDONESIA DAN SIFATNYA


Bagi anda yang sudah bulat akan membeli hamster, tetapi anda bingung akan memilih jenis hamster mana yang sebaiknya anda peliara dan anda juga belum mengenal jenis-jenis hamster dengan baik.

Mamster termasuk dalam ordo rodentia atau hewan pengerat, sehingga bisa dikatagorikan kerabat tikus. Hamster adalah binatang malam, waktu siang di pergunakan untuk tidur dan istirahat sedangkan pada malam hari di pergunakan untuk main, mencari makan dan berkembang biak. Setiap hamster memiliki kepribadian yang unik dan memiliki sifat yang berbeda pula dengan setiap masing-masing hamster. Dari setiap jenis hamster ada sifat dan karakter khusus yang bisa di tonjolkan. Ciri-ciri khusus inilah yang akan saya bahas, teori yang saya tulis di sini mungkin sedikit berbeda dengan kenyataan dan berbeda dengan pendapat orang lain. Ini hanya garis besar ciri-ciri dan sifat umum dari setiap jenis hamster yang ada di Indonesia.

Di Indonesia saat ini terdapat  5 jenis hamster yang saya ketahui, yaitu:
  1. Hamster Syrian
  2. Hamster Campbell
  3. Hamster Winter White
  4. Hamster Roborovski
  5. Hamster Hybrid

Jika anda menemukan penjual yang menjual jenis hamster di luar kelima jenis di atas, maka dapat di pastikan penjual itu tidak tau apa-apa tentang hamster tersebut dan biasanya 
mereka menciptakan 'nama baru' versi masing-masing penjual.




HAMSTER SYRIAN

Hamster Syrian memiliki sebutan lain yaitu 'hamster lokal' dan 'giant hamster'.
Di sebut 'hamster lokal' karena asalnya dari Indonesia tapi katanya sih karna di ternakan di Indonesia (padahal hamster lain juga di ternakan di Indonesia).
Di sebut 'giant hamster' karena memang ukuran tubuhnya paling besar diantara jenis hamster lainnya yang ada di Indonesia. Kenyataannya di dunia ini ada jenis hamster yang paling besar dan bahkan menyandang nama resmi sebagai 'giant hamster' tetapi hamster jenis ini termaksud hamster liar dan tidak dapat di pelihara oleh manusia ataupun di perjualbelikan.

Kelebihan dari hamster syrian yaitu karena hamster ini ukurannya besar dan gerakannya relatif lambat di banding dengan hamster jenis lain, mudah di pegang dan mudah di jinakan sehingga sangat cocok untuk anak-anak. Hamster syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak warna. Kelebihan lainnya adalah hamster syrian satu-satunya memiliki jenis bulu yang panjang (long hair). Hamster syrian bersifat soliter (penyendiri) jadi bagi anda yang ingin memeliara hamster 1 ekor saja, hamster syiran adalah yang paling tepat untuk di peliara tanpa takut hamster itu akan kesepian.

Kekurangan hamster syrian adalah karena hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan hamster jenis ini, kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk kandang, makanan dan serbuk kayu karena ukuran tubuhnya yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak.

HAMSTER SYRIAN
  • nama latin: Critetinae mesocricetus auratus
  • Tidak suka menggigit
  • Ukuran dewasanya rata-rata mencapai 12-20 cm
  • masa kehamilan hamster syrian rata-rata 15-20 hari
  • batas umur rata-rata 1,5-3 tahun (bila dirawat dengan baik)
  • umur siap kawinnya relatif cepat (2-3bulan)
  • mudah dijinakkan
  • soliter (hidup menyendiri)





HAMSTER CAMPBELL

Hamster Campbell adalah hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu, karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang 'lebih berani' dibandingkan dengan jenis hamster yang lain. Untuk saat ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai 'hamster galak' karena sering menggigit tangan kita, tapi saya yakin dengan perlakuan lembut dan usaha untuk menanamkan kepercayaan, hamster campbell ini bisa menjadi jinak dan teman yang sangat menyenangkan.
Kelebihan hamster campbell adalah memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga anda dapat memilih banyak pilihan. Hamster ini terbilang pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi anda untuk menjinakan hamster campbell yang selama ini dikenal galak.

Kekurangan hamster campbell adalah karena banyaknya hamster campbell yang 'salah asuh' dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok untuk anak kecil dan orang yang tidak rela terkena gigitannya.
hamster ini sering diternakan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster syrian.

HAMSTER CAMPBELL

  • nama latin: Cricetinae phodopus sungorus campbell
  • suka menggigit
  • ukuran dewasanya rata-rata mencapai 9-15 cm
  • masa kehamilan hamster campbell rata-rata kurang dari 20 hari
  • batas umur rata-rata 2-2,5 tahun (bila dirawat dengan baik)
  • umur siap kawinnya relatif cepat (2-3bulan)
  • berkoloni (hidup berkelompok)





HAMSTER WINTER WHITE

Hamster winter white ini memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tetapi ada perbedaan ciri fisik dengan hamster campbell.
Hamster winter white dewasa ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan hamster campbell dan umumnya hanya memiliki 3 jenis variasi warna yaitu: normal, sapphire dan pearl.
Karakter hamster jenis ini lebih tenang dan banyak juga yang penakut, dan kalau jinak hamster ini senang memanjat ke tangan manusia.

Kelebihan hamster winter white ini yaitu lebih jinak dibanding dengan jenis hamster yang lain, dan hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di suhu yang normal

Kekurangan hamster winter white ini yaitu lebih malas dibandingkan dengan hamster jenis yang lain dan lebih banyak mengabiskan waktunya untuk tidur daripada untuk bermain. Hamster winter white ini ada juga yang galak dan suka menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya menggigit lebih keras daripada hamster campbell dan sering tidak mau melepaskan gigitannya, berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

HAMSTER WINTER WHITE
  • nama latin: phodopus sungorus sungorus
  • pemalas
  • ada yang suka menggigit dan ada yang tidak
  • ukuran dewasanya rata-rata mencapai 9-12 cm
  • masa kehamilan hamster winter white rata-rata 15-21 hari
  • batas umur rata-rata 2-2,5 tahun (bila dirawat dengan baik)
  • umur siap kawin tergolong lama (4-5bulan)
  • berkoloni (hidup berkelompok)





HAMSTER ROBOROVSKI

Hamster roborovski merupakan hamster yang paling kecil diantara jenis hamster lainnya.
Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat dan cemderung lebih takut kepada manusia dibanding dengan jenis yang lain.

Hamster roborovski umumnya hanya mempunyai 2 variasi warna yaitu: normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dan bagian perut putih.

Kelebihan hamster roborovski yaitu salah satu hamster yang paling digemari juga ukurannya yang paling kecil dan  mukanya yang paling berbeda dibanding dengan jenis hamster yang lain, lincah dan suka bermain.

Kekurangan hamster roborovski yaitu sulit dipegang karna biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia, terlalu kecil untuk di genggam dengan nyaman, sifatnya terlalu penakut

HAMSTER ROBOROVSKI
  • nama latin: Cricetinae phodopus roborovskii
  • lincah dan suka berlari
  • tidak menggigit
  • sulit untuk dijinakkan
  • ukuran dewasanya rata-rata mencapai 4-5 cm
  • masa kehamilan hamster roborovski rata-rata 20-30 hari
  • batas hidup rata-rata 2-4 tahun (bila dirawat dengan benar)
  • umur siap kawin tergolong lama (7-8bulan)
  • berkoloni (hidup berkelompok)





HAMSTER HYBRID

Yang dimaksud dengan hamster hybrid adalah hamster yang lahir dari hasil persilangan antara hamster campbell dengan hamster winter white. Hamster ini tidak boleh mengikuti show dan biasanya hanya beredar di kalangan hobits yang suka mengumpulkan jenis-jenis hamster.


Saat ini di Indonesia sendiri hamster hybrid di jual dengan harga yang mahal karena dianggap sulit di hasilkan, tapi ini hanya mitos. Jika anda mengetahui induk dari hamster hybrid ini, anda akan mendapat menghasilkan hamster hybrid dengan mudah. Tapi menurut info yang saya ketahui, hal ini sangat tidak di anjurkan karena dapat merusak genetika hamster yang bersangkutan.

Hamster hybrid rata-rata mengambil bentuk seperti winter white. Oleh karena itu banyak yang mengakategorikan hamster ini sebagai winter white, jika anda tidak berminat unuk memilih hamster hybrid dan anda harus berhati-hati ketika ingin memilih hamster terutama untuk jenis winter white.

Kelebihan hamster hybrid yaitu sifatnya hampir sama seperti hamster winter white.

Kekurangan hamster hybrid yaitu dari beberapa catatan, hamster hybrid lebih rawan terkena penyakit seperti tumor dan diabetes.

58 komentar:

  1. Terima Kasih atas infonya ^^

    BalasHapus
  2. bang, hamster campbell tuh hidup berkoloni, jadi kalo isi koloninya jantan semua, kaga berkelahi?

    BalasHapus
  3. ga paling berantem dia.

    BalasHapus
  4. wah... pengen yang robovski. imut kayaknya... unyuuu

    BalasHapus
  5. nak tanya..boleh kah syrian and roborovski be together?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hamster roborovsky jangan disatukan dengan hamster syrian.. begitu juga dengn jenis hamster lainnya

      Hapus
    2. kalau di satukan apa berantem ?

      Hapus
    3. Jangan disatukan, nti salah satunya ada yg mati seperti saya...

      Hapus
    4. Syrian,karna hamster nya besar Dan tidak terlalu aktif,jadi merawatnya tidak terlalu susah :) do research before get a hamster

      Hapus
  6. hamster campbell kalau ngegigit sakit gak? suka reflek ngelempar klo pas ngegigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cari roborovski sama hybrid dimana yaa?

      Hapus
    2. kalau digigit biarin aja... justru malah buathamster makin galak.. hamster d habitat aslinya sering dimangsa ...punyaku juga galak bgt. cuma aku sering masukin tangan aku biar dia tau aroma badan aku. klwpun digigit tahan.. semakin sering dia gigit semakin pelan gigitannya. dan akan semakin jinak... harus lembut ... dulu pas pertama pertama sering gigit ampe darah .. cuma aku tahan.. dan sering ngobrol dan bermain .. skrng sudah jinak

      Hapus
    3. Sakit gak kak pas digigit, smpe berdarah lagi awalnya
      Skrng aku pengen beli soalnya kak. Tp lama2 bisa jinak kan kak?

      Hapus
  7. Gan klo Hamster yg warnanya putih matanya merah itu jenis apa ..?

    BalasHapus
  8. gan ijin sher artikelnya ya gan pakai refrensi hehehe

    BalasHapus
  9. mau nanyak ni bang ..
    aneh punya sepasang hamster trus aneh gabungin jadi satu sehingga beranak 2 kali ..

    truss aneh beli hamster sepasang kali ..
    eh ternyata hamster yang baru aneh beli tu dua"nya betina kan gan ..
    truss aneh satuin sama hamster lama aneh ..

    kenapa ya gan hamster lama aneh nyerang hamster baru tu sampek berdarah'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas diserang. Krna hamster yg lama merasa hanster baru itu stranger. Baiknya sblm digabung,hamster jantan lama dipisah dr hamster betina lama ,ditempatkn d kandang trpisah. Kandang jantan didekatkan dengan kandang betina baru slma skitar 1 ato 2minggu. Jd mreka mulai saling 'mngenali' dr jendela kandang dlu spy ga merasa stranger. Saran ja ya..

      Hapus
  10. Gimana cara ngawinin hamster roborovski

    BalasHapus
  11. Wah jadi bingung mau yg mana. Pengen yg besar, gak gigit, lincah. Mau yg syria tp pemalas dan penyendiri, mau yg campbell atau winter ehhh gigit n galak, mau yg robo tapi kekecilan, yg hybrid gak minat.
    Ada saran? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg brpikiran yg sama. Tapi lbh milih winter white krna ga ngegigit (yg betina ngegigit kalo lg hamil)

      Hapus
    2. Justru winter white yg sering menggigit..

      Hapus
    3. Beli campbell aja, campbell jarang gigit, makanya kalau beli, dicoba pegang ditangan dulu hamsternyaa

      #bantujawab

      Hapus
  12. aku punya sepasang syrian, tapi sdh lebi 3 bulan kok belum beranak, lagi pula betinanya suka ngegigit kenapa pula rupanya bang ?

    BalasHapus
  13. Mawar rose aku pelihara yang robo wih unyu banget walau kecil cuma 2minggu aku pelihara eh uda jinak dianya

    BalasHapus
  14. punya ku suka gigit dia bang terus bagaimana cara mengawini nya bang? aku punya sepasang ini bang, mohon di jawab ya bang pengen kembangbiakan hamster soalnya.

    BalasHapus
  15. keren infonya gan :)

    BalasHapus
  16. -Hamster Syrian-ku kog sukanya diem aja ya, dan sifatnya malah mirip ham's ROBOVOSKI ?

    BalasHapus
  17. wah, sama2 membahas soale hamster nih gan, cuma mau berbagi info aja, klo selama ini dikatakan bahwa hamster itu adalah hewan nocturnal (aktifnya di malam hari) ternyata pernyataan itu kurang tepat gan...

    Hamster itu ternyata adalah hewan Crepuscular, Crepuspular adalah hewan yang aktif terutama saat twilight (senja atau subuh). Hewan Crepuscular terkadang aktif di malam hari saat bulan purnama.

    Demikian info dari ane, sesama pecinta hamster, hehehe... :)

    BalasHapus
  18. jadi tambh ilmu tentang hamster

    BalasHapus
  19. jadi tambh ilmu tentang hamster

    BalasHapus
  20. Thanks infonya, bermanfaat abis

    BalasHapus
  21. Thanks infonya, bermanfaat abis

    BalasHapus
  22. mau tanya.. kalau warna nya abu2 keputihan mata nya merah itu jenis apa ya ? trs satu lg warna ke emasan , besar mata nya item

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sama kaya aku tuh hams yg wanra abu* keputihan dan matanya merah. Btw, hams itu jenis campbell mottled dove.
      Dan kalau yg warna keemasan biasanya jenis golden.

      Hapus
  23. mau tanya.. kalau warna nya abu2 keputihan mata nya merah itu jenis apa ya ? trs satu lg warna ke emasan , besar mata nya item

    BalasHapus
  24. Boleh nggak tuh semua jenis dicampur.campbel,syirian,robo,hybrid,winter putih sama cina dicampur satu kandang.....jantan semua?

    BalasHapus
  25. Boleh nggak tuh semua jenis dicampur.campbel,syirian,robo,hybrid,winter putih sama cina dicampur satu kandang.....jantan semua?

    BalasHapus
  26. Jangan dicampur, biasanya sesama jantan lebih paarah jika berkelahi, nti bisa ada yg mati

    #bantujawab

    BalasHapus
  27. kalo buat pemula bagusnya melihara yg jenis apa?

    BalasHapus
  28. Anaknya hamsterku kok di makan induknya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayi nya jgn di pegang, trus Saat hasil sampai melahirkan, yg memberi mkn 1 orang aja. Biar Bau nya ngk beda.

      Hapus
    2. Biasanya itu terjadi gegara ibu hamsternya kelaparan, dan capek abis melahirkan jadi untuk menghilangkan rasa laparnya itu dgn cara makan anak*nya.
      Atau, ibu hamster itu lagi nyeleksi mana anak yg kuat dan mana anak yg lemah biasanya untuk anak yg lemah itu yg dimakan sama ibunya.
      Saran dari aku sih sebaiknya, kalau setelah melahirkan cepet* di kasih makan dan pisahin dulu anak sama ibunya selama 5-10 menit biar ibu hamsternya makan makanan yg seharusnya bukan malah makan anaknya. Itu berdasarkan pengalaman aku.

      Hapus
    3. Bisa karna stress atau mempermudah hidup karna takut tidak bisa mengurus semua anak nya maka IBU hamster memakan anak nya :) do research before get a hamster

      Hapus
  29. Saya punya 5 hamster campbell yg sifatnya beda2 semua. Ada yg galak sesama hamster bahkan bunuh teman sekandangnya jd harus dipisah sendiri. Ada yg galak kalau bau tangan pasti menggigit. Ada jg yg kids friendly. Smp sekarang sifat2 asli mereka gak bisa diubah, jd ikuti saja karakter masing2 hamster.

    BalasHapus
  30. Bro kalau hamster bulu agk lebat hmpir kaya anggora itu hamster apa namanya..??..sy ada 2 laki cwe...kalau di pisah yg cwe gigit kandang terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. #bantujawab
      Syrian , karena yg punya rambut lebat dan panjang hanya syrian

      Hapus
  31. Mohon info kalo hamster putih polos mata nya merah itu jenis apa yah...jinak bgt...tapi bulunya gak panjang

    BalasHapus
  32. Mau tanya apa hamster golden sama hamster winter bisa dikawinkan gak

    BalasHapus
  33. Siriya bs dikawinkan dgn jenis ap sj?

    BalasHapus
  34. lebih jinak syirian atau yang winter white??

    BalasHapus
  35. Playtech casino bonus codes & promotions - Goyang
    The best casino promotions 화이트 벳 in the UK are on offer for 2021. 배팅사이트 Playtech offers 세븐 포커 all 승인전화없는 토토 꽁머니 the latest slots, table games, and poker games seda bet for free

    BalasHapus

jika ada yang ingin bertanya silakan berkomentar